Manga Pilihan



FAQ Pertanyaan seputar One Piece (Part 3)

Q : Apa itu "Vivre Card" ?A : Vivre Card(disebut juga Kertas Kehidupan) adalah sebuah kertas ajaib yang dapat menunjukkan daya hidup pemiliknya. Kertas ini tidak akan rusak meski dibasahi atau dibakar sekali pun. Namun kertas ini akan terbakar sedikit demi sedikit jika sang pemilik kertas dalam keadaan sekarat. Dan akan hilang sepenuhnya jika sang pemilik meninggal dunia.
Selembar vivre card dapat dirobek menjadi 2 atau lebih dan robekannya punya sifat saling tarik menarik satu sama lain. Contohnya, si A merobek vivre cardnya dan memberikannya ke si B. Kemudian, bila si B menaruhnya di telapak tangan, maka robekannya akan bergerak ke arah vivre card yg dipegang si A, begitu pula sebaliknya.
Konon Vivre Card hanya bisa dibuat di toko2 tertentu di New World dengan memakai kuku pemilik sebagai bahan utama kertas tsb.

Q : Kalau di grandline, kenapa kompas biasa tidak bisa dipakai?
A : Jarum kompas biasa selalu menunjuk ke arah utara karena di kedua kutub bumi terdapat medan magnet yg sangat kuat. Namun di laut Grand Line, sebagian besar pulau memiliki medan magnet yg sama kuatnya dengan daerah kutub sehingga jarum kompas menjadi tidak stabil dan berputar tiada henti.

Q : “Pan Fleet Admiral” itu apa sih?
A : "Pan Fleet Admiral" pangkat dari karakter angkatan laut Kong yg pertama kali muncul di chapter 594.

Namun menurut sumber yg terpercaya, istilah "Pan Fleet Admiral" merupakan kesalahan terjemahan dari pihak translator.

Dalam bahasa jepang, pangkat Kong disebut sebagai Sekai Seifu Zengun Sōsui. Istilah Sosui mengacu pada pemimpin tertinggi yg berwenang di segala aspek militer yg ada. Sosui bisa diterjemahkan sebagai ketua, komandan, atau panglima perang.

Jadi pangkat Kong (Sekai Seifu Zengun Sōsui) lebih tepat diterjemahkan sbg World Government Commander-in-Chief atau "Panglima Perang Pemerintahan Dunia".
Belum diketahui seberapa tinggikah pangkat Kong tsb dalam tubuh marine, apakah lebih tinggi dari Fleet Admiral atau lebih rendah? kita tunggu penjelasan Oda...
Tokoh Kong sendiri pertama kali disebut namanya di chapter 0 dan saat itu ia menjabat sbg Fleet Admiral. 
Q : oi, jelasin tentang “supernova” dong ?
 A : Supernova adalah julukan bagi bajak laut-bajak laut pendatang baru atau disebut juga "rookie" yang berhasil meraih bounty di atas 100 juta Berry. Saat ini diketahui ada 11 orang yang dijuluki sebagai supernova yaitu :

1. Eustace Kidd --------------Bounty = 315 juta Berry
2. Monkey D Luffy -----------Bounty = 300 juta Berry
3. Basil Hawkins -------------Bounty = 249 juta Berry
4. X Drake ------------------Bounty = 222 juta Berry
5. Trafalgar Law -------------Bounty = 200 juta Berry
6. Scratchmen Apoo ---------Bounty = 198 juta Berry
7. Killer ---------------------Bounty = 162 juta Berry
8. Jewelry Bonney -----------Bounty = 140 juta Berry
9. Capone Bege--------------Bounty = 138 juta Berry
10. Roronoa Zoro--------------Bounty 120 juta Berry
11. Urouge--------------------Bounty =108 juta Berry

Karena "rookie" baru yg bernilai ratusan juta selalu bermunculan silih berganti setiap tahunnya, otomatis bajak laut yg mendapat julukan ini pun selalu berganti.

rookie yg saat ini(setelah timeskip) mendapat gelar supernova setelah timeskip 2 tahun adalah Caribou(210 juta berr) dan wakil kapten sekaligus adiknya yaitu Coribou(190 juta berry)

Q : Apa sih Batu Laut itu? Apa Fungsinya? Bagaimana Proses Terbentuknya? Dan Bagaimana Mendapatkannya?
A : Batu Laut, atau yang dalam bahasa jepangnya disebut dengan kairouseki, adalah batu unik yg memancarkan energi yg sama dengan laut.

Batu Laut adalah hasil penemuan Dr Vegapunk, seorang ilmuwan cerdas yg bekerja untuk Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut. Batu tsb sudah digunakan oleh Angkatan Laut utk beberapa hal antara lain :

1. melapisi bagian bawah kapal perang AL
kapal perang AL yg bagian bawahnya telah dilapisi Batu Laut dapat menyebrangi sarang monster laut terbesar dunia alias Calm Belt dengan aman. kenapa? karena bagian bawah kapal tsb memancarkan energi yg sama dgn laut. jadi monster yg melintas tidak akan menyadari keberadaan kapal tsb karena ia menganggap kapal tsb sebagai bagian dari air laut.

AL memasang batu laut ini pada setiap kapal perang utk memudahkan transportasi mereka ke luar grand line.

2. alat terkuat AL utk melawan pengguna buah iblis
Batu Laut memancarkan energi serupa dengan laut sehingga ia memiliki efek yg serupa pula kepada para pengguna buah Iblis, yaitu melemahkan tubuh mereka.

Oleh karenanya, AL kemudian memodifikasi batu laut ini menjadi berbagai peralatan seperti borgol, jaring, bahan baku persenjataan, hingga teralis penjara. Semua itu utk memudahkan mereka dalam mengatasi para bajak laut berkekuatan buah iblis.

Sampai saat ini belum diketahui bagaimana cara menciptakan batu laut atau mendapatkannya.

batu laut tidak hanya digunakan oleh AL saja. Suku Shandia yg tinggal di Skypiea menggunakan batu laut sbg alas kendaraan langit(Waver) mereka. Dan pada kesempatan tertentu, mereka juga menggunakan batu laut utk melawan pengguna buah iblis.  

Q : Gimana nasib Enel setelah dikalahkan Luffy?
A : Enel pergi ke bulan(yg dia sebut sebagai tanah suci Vearth) dengan menggunakan kapal Maxim.

Di bulan, dia menemukan sekumpulan mahluk aneh berjuluk “Space Pirates”, yg kemudian dia habisi seluruhnya karena mereka dianggap telah merusak tanah suci Enel. Setelah itu Enel menemukan gua rahasia yg berisi ukiran2 aneh ttg manusia bersayap dan ratusan robot2 mungil. Dia lalu mengeluarkan kekuatan listriknya yg tanpa sengaja mengaktifkan semua robot itu, robot2 itu skrg jadi pengikut Enel.

Keseluruhan cerita Enel ini terangkum dalam 38 volume cover story yg dimulai dari ch 428 sampai ch 474.

Belum diketahui apakah kisah Enel yg aneh ini akan berhubungan dengan cerita utama. Kita tunggu saja kelanjutannya…

Q : ada yang bisa jelasin tentang pasukan Revolusioner yang dipimpin sama Monkey D. Dragon?
gimana cara kerja mereka?

Cara kerja lengkapnya masih misterius. Yg baru kita ketahui adalah Dragon menempatkan "leader-leader"-nya di seluruh dunia dalam misi pemberontakan ini. Apa misi leader2 tsb? We'll wait and see...


terus pada awalnya apa alasan Dragon membuat pasukan itu?

Salah satu motif Dragon bisa dilihat di flashback Sabo, yaitu karena dia sudah muak kepada kaum2 bangsawan yg suka semena2 terhadap rakyat jelata. Namun tampaknya ada motif yg jauh lebih besar dan kompleks dari itu...


apa mereka termasuk bajak laut?

Tidak. Menurut Robin di chapter 432, tentara revolusi merupakan "outer force" dalam peta kekuatan dunia OP selain Pemerintahan Dunia dan Bajak Laut. Menurutnya juga, perbedaan terbesar antara bajak laut dan Tentara Revolusi adalah Tentara Revolusi secara terang-terangan menentang Pemerintahan Dunia.


anggotanya siapa aja??

yang sudah diketahui baru Emporio Ivankov, Inazuma, dan Bartholomew Kuma


bagaimana pergerakan mereka sampe sekarang ini??

Itu masih menjadi pertanyaan kita semua sampai saat ini


Q : luka di mata zoro dan dada Luffy setelah timeskip disebabkan oleh apa?
A : Luka Zoro penyebabnya masih misterius tetapi luka Luffy disebabkan karena serangan Akainu di perang marineford. Adegan tsb terjadi di chapter 578 halaman 9. Di manga, luka ini tidak begitu tampak jelas, jadi tonton versi anime untuk lebih jelasnya.

Q : Di komik, kepala whitebeard hilang sebagian karena dihajar akainu tapi di animenya kenapa gak ada y??
kemungkinan untuk meredam unsur sadisnya karena banyak audiens di bawah umur yang mengikuti anime One Piece.
A : Ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, adegan Zeff yg kehilangan kakinya karena memakan kakinya sendiri, diganti dengan adegan kaki Zeff tersangkut di reruntuhan kapal yg membuatnya harus memotong kakinya tsb supaya bisa lolos.  

Q : Kapan One Piece tamat?
A : Hanya Oda yg tahu
Gosipnya sih One Piece sudah mencapai setengah jalan saat Luffy dkk mencapai Red Line(chapter 490-an), tapi kita nggak tau 'setengah jalan' ini maksudnya dari segi jumlah chapter atau progress cerita.
Klo maksudnya dari segi jumlah chapter, berarti kemungkinan masih ada sekitar 500 chapter lagi sebelum tamat.
tapi klo maksudnya dari segi progress cerita, berarti kemungkinan gak akan nyampe 500 chapter. bisa 400 ch, 300 ch, ato kurang dari itu.
Note : Sebaiknya gosip ini jangan terlalu dipusingkan karena Oda sendiri seringkali keliru memprediksi jangka waktu yg dia rencanakan. Bahkan dulu Oda berencana utk menamatkan OP dalam waktu 5 tahun saja, tapi ternyata molor sampai 10 tahun lebih dan belum ada tanda2 akan tamat secepatnya.